Rabu, 23 April 2014

Hamilton Cetak Hattrick

Vettel sepertinya kini harus mulai mewaspadai rekan setimnya sendiri. PEMBALAP Mercedes Lewis Hamilton kembali menunjukkan performa gemilangnya musim ini. Di tengah guyuran hujan saat sesi kualifikasi GP Tiongkok di Sirkuit Internasional Shanghai, kemarin, pembalap asal Inggris itu mampu mencatat waktu tercepat dan meraih pole position.

Ini menjadi pole position ketiga musim ini bagi juara dunia 2008 itu setelah meraihnya di GP Australia dan GP Malaysia.
Keberhasilan meraih posisi terdepan dalam kualifikasi GP Tiongkok, juga membuat Ham ilton menjadi pembalap Inggris pertama yang mampu mengoleksi pole position terbanyak dalam sejarah.

Dengan total 34 pole position yang sudah diraihnya sejak membalap di Formula 1, Hamilton melewati seniornya, Jim Clark yang me-ngoleksi 33 pole position. Ia kini berada di urutan keempat pembalap F1 yang mengoleksi pole position terbanyak setelah Michael f Schumacher, Ayrton Senna, dan Sebastian Vettel.

Di sesi kualifikasi GP Tiongkok itu Hamilton mencatatkan t waktu 1 menit 53,860 detik. Ia membayar tuntas kegagalan i nya mencatatkan waktu di sesi latihan bebas terakhir yang digelar 2 jam sebelum kualifikasi dimulai.

“Lintasannya sangat licin t dan cukup sulit mendapat cengkeraman ban yang pas dan berusaha untuk tidak membuat kesalahan. Terlebih dengan beberapa pembalap yang mencoba memacu lebih cepat. Ini sesi yang sangat berat, tapi saya menikmatinya,“ kata Hamilton.

Bagi Hamilton, raihan pole position di GP Tiongkok membuatnya berpeluang mencetak hattrick kemenangan di awal musim. Menurutnya, hal itu akan sangat ditentukan performa mobil WO5 yang dikendarainya.

“Masih banyak hal yang bisa dikembangkan. Tapi Mercedes telah melakukan pekerjaan yang baik dan saya berharap ini dapat berlanjut dalam balapan besok (hari ini).“

Red Bull mengejar Sementara itu, penghuni grid terdepan dalam GP Tiongkok akan ditempati oleh duo pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel yang masing-masing menjadi pembalap tercepat kedua dan ketiga pada sesi kualifikasi.
Ricciardo yang sempat menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas ketiga, berada di belakang Hamilton dengan hanya berselisih 0,5 detik saat kualifikasi.

Keberhasilan Red Bull berada di posisi dua dan tiga menjadi sinyal kebangkitan tim berlambang banteng itu, utamanya Vettel.

Namun, di tengah-tengah mengejar ambisi untuk mempertahankan gelar juara dunia yang telah diraihnya sebanyak empat kali secara beruntun, Vettel juga harus mewaspadai keagresifan pembalap debutan Red Bull, Ricciardo yang sudah dua kali berada pada posisi lebih baik di akhir lomba. (AP/ Rtr/R-4) Media Indonesia, 20/04/2014, hal: 6